Dunia Foto Kita



Nama                                      : Yoki Yusanto
TTL                                         : Bandung, 03 Mei 1979
Alamat                                    : Bumi Mutiara Serang Blok E No                         05
Pekerjaan                                : Dosen Ilmu Komunikasi
Jabatan                                    : Pengajar
No Telepon                             : 081383378787
Hobi                                        : Fotografi
Pengalaman Organisasi             : ATVKI

Duniafotokit-Menurut salah satu dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Yoki Yusanto, yang menggemari dunia fotografi. Perkembangan dunia fotografi saat ini sudah sangat pesat, yang diawali dengan munculnya era digital. Hingga berubah paradigmanya mulai dari kamera analog sampai pada kamera digital. Munculnya era digital tersebut memudahkan masyarakat yang menggemari dunia fotografi untuk berkarya. Berbeda dengan abad 20-an, yang masih memerlukan film untuk memotret. Di Indonesia pun teknologi digital baru dikenal sekitar tahun 1998 dan 1999. Sejak saat itu sudah mulai banyak masyarakat yang menggemari akan dunia fotografi, terutama pada kalangan mahasiswa.
Dosen tersebut menjelaskan bahwa dunia fotografi didalam kampus saat ini, hampir sama dengan dunia fotografi yang ada diluar kampus. Fotografi didalam kampus merupakan unsur pelatihan dan pembelajaran memotret, sesuai dengan sudut pandangnya yaitu pendidikan. Berdasarkan teori-teori, praktikum, sampai dengan tugas-tugas fotografi. Hingga menjadi nilai akhir yang bisa memotivasi para mahasiswanya.
Sedangkan dunia fotografi diluar kampus merupakan kumpulan orang-orang yang hobi terhadap dunia fotografi. Lebih menariknya lagi, sekarang ini sudah muncul beberapa komunitas-komunitas pecinta dunia fotografi. Diawali dengan hobi, melengkapi peralatan-peralatan fotografi, berlatih, dan bergabung dengan komunitas-komunitas yang bermunculan. Hingga banyak diadakannya pameran-pameran foto, kompetisi-kompetisi, dan lainnya, yang berkaitan dunia fotografi.

“Saran saya untuk kalangan mahasiswa dan remaja yang gemar akan dunia fotografi, rajin-rajinlah untuk berlatih memotret. Carilah objek-objek yang menurut anda bagus untuk dipotret. Soal peralatan tidak usah yang bagus dan mahal, dengan berlatih dan berlatih anda akan semakin terlatih dengan peralatan yang anda punya. Perbanyaklah membaca buku-buku pedoman mengenai tehnik-tehnik fotografi, dan jangan malu bertanya pada orang yang lebih mahir dari kita. Intinya memotret !! dan memotret !!” Ujarnya. (Maulana)

Categories:

Leave a Reply