Dunia Foto Kita

Duniafotokita-Masih banyak para penggemar fotografi yang belum mengerti secara penuh tentang istilah istilah fotografi itu sendiri. kali ini Duniafotokita akan membahas tentang sedikit banyaknya istilah istilah yang ada di dunia fotografi itu sendiri. Mari kita lihat.!

CAMERA OBSCURA:
Kamera pertama dalam dunia fotografi, di mana bentuknya merupakan sebuah kamar gelap yang hanya memiliki lubang kecil (pinhole).

OBSERVASI:
Dalam bidang potret memotret adalah pengamatan yang dilakukan untuk mencari tahu tentang subjek foto terutama mengenai gerak-gerik, suasana hati maupun ekspresi.

OPTIK:
Berkenaan dengan penglihatan (cahaya, lensa, dsb).

ORTHOCHROMATIC FILM:
Ortokromatic film yang sensitif terhadap warna biru dan hijau tapi tidak pada merah.

EXPOSURE :
adalah istilah dalam fotografi yang mengacu kepada banyaknya cahaya yang jatuh ke medium (film atau sensor gambar) dalam proses pengambilan foto.

OVER EXPOSURE:
Pencahayaan lebih. Suatu nilai pencahayaan yang terdapat pada film maupun foto, di mana gambar yang ada tampak terang atau gelap pada film negatif karena pencahayaan yang berlebihan.

UNDER EXPOSURE :
Pencahayaan kurang. Pencahayaan kurang. Suatu nilai pencahayaan yang terdapat pada film maupun foto, di mana gambar yang ada tampak gelap atau terang pada film negatif karena pencahayaan yang kurang..

OVERHEAD LIGHTING:
Sinar dari atas. Lampu atau penyinaran yang dibuat untuk menyinari objek dari atas.

BACKLIGHT :
Cahaya dari belakang, yaitu cahaya yang berasal dari belakang objek. Arah cahaya ini berlawanan dengan posisi kamera. Secara umum efek yang dihasilkan dapat menciptakan siluet; objek foto dikelilingi "rim light" atau cahya yang ada disekitar objek. Efek cahaya ini bisa merugikan pemotret sebab bila mengenai lensa akan menimbulkan flare.


DEPTH OF FIELD (DOF) :
Bagian yang tampak tajam (tidak buram) dan jelas,yang berada dalam jangkauan tertentu. Biasanya juga disebut sebagai ruang tajam.

RANA :
Adalah tirai yang menggantikan fungsi penutup manual di bagian depan lensa, besar kecilnya dapat diatur sesuai kebutuhan.

DIAFRAGMA :
Jendela dimana tempat masuknya cahaya,berbentuk delapan tumpukan lempengan logam, biasanya diafragma ini mempengaruhi ruang tajam dari gambar itu sendiri. 

ASA/ISO :
adalah untuk mengukur tingkat kesensitivitas atau kepekaan film foto terhadap cahaya. Film dengan kepekaan rendah (memiliki angka ISO rendah) membutuhkan sorotan exposure yang lebih lama sehingga disebut slow film, sedangkan film dengan kepekaan tinggi (memiliki angka ISO tinggi) membutuhkan exposure yang rendah

FLASH :
Cahaya lampu tambahan. biasanya digunakan untuk memberi penerangan tambahan/fill in jika dalam keadaan low light (rendah cahaya)

Categories:

One Response so far.

Leave a Reply